May 21, 2020

Rahasia di balik kesuksesan dalam Buku the Outliers

Outliers merupakan buku hasil tulisan Malcolm Gladwell yang telah terbit di tahun 2008 yang sukses menjadi New York Times Bestseller. Buku ini mengisahkan tentang bagaimana kesuksesan bukan ditentukan oleh faktor perjuangan dan motivasi pribadi saja. Nah jadi bagi kalian yang merasa diri kalian belum sukses, mungkin ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut.



Outliers adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu atau sebuah fenomena yang terjadi diluar kebiasaan yang normal. Jika kita kaitkan dalam ilmu sosiologi manusia, maka manusia bisa dikatakan seorang Outliers ketika ia menjadi seorang individu yang berbeda/unik dibanding individu lainnya.

Dari pendapat Gladwell, orang dapat sukses berkat adanya kesempatan dan usaha keras serta dari dukungan lingkungan orang tersebut dibesarkan. Lalu Ia menggunakan puluhan studi kasus dalam memperkuat pendapatnya tersebut. Mulai dari tahun lahirnya para milyarder komputer hingga mengapa negara tertentu sering mengalami kecelakaan pesawat.

Masing-masing kita pasti ingin menjadi sukses dalam hidup, ingin kaya, sehat, hidup nyaman, keluarga tentram, dan berbagai mimpi lain. Biasanya kisah-kisah tentang orang-orang yang sangat sukses menonjolkan faktor kecerdasan. Buku ini lain, penemuan Malcolm Gladwell dalam bukunya: Outliers (orang-orang yang sangat luar biasa) mengungkap kalau sukses tidak dikarenakan kecerdasan.

Berdasarkan bukunya, ada 3 poin penting dari buku Outliers ini, yaitu:

Waktu yang tepat
Dalam buku ini, Gladwell menjelaskan bahwa waktu yang tepat bisa menentukan keadaan seseorang.

Bill Gates sang ahli komputer memiliki waktu yang tepat saat merilis software nya, ketika dunia masih belum memiliki komputer karena komputer dipandang sulit dalam pengoperasiannya, bill gates memberikan solusi dengan software nya yang membuat komputer jadi lebih mudah, hingga akhirnya penjualan softwarenya laris dan menjadi orang terkaya di dunia

The Beatles sebelum menjadi band yang sukses telah tampil di klub di Hamburg selama 8 jam setiap tampil setiap hari selama dua tahun. Sehingga permainan mereka menjadi begitu baik dan terasah jiwa entertainmen nya. Coba bayangi tampil selama 8 jam menghibur dengan lagu yang berbeda? Bagaimana mengatur acara agar tidak membosankan? Dan The Beatles bisa melakukannya. Begitu juga dengan Mozart yang berlatih terus sehingga terbiasa dan menjadi ahli.

Aturan 10.000 jam
Seseorang yang amatir harus melewati waktu untuk belajar atau bekerja selama 10.000 jam untuk bisa menjadi pemain kelas dunia. Setelah praktik 10.000 jam, hal yang bisa menjadi pondasi kesuksesan adalah kesempatan yang sangat menguntungkan. Orang-orang yang disebut di atas memiliki kesempatan yang tidak dimiliki orang orang lainnya.

Gladwell mengakumulasikan berapa lama Bill Gates mempelajari komputer. Bill Gates adalah anak orang kaya yang bersekolah di tempat yang bagus. Dan komputer? Adalah barang langka dan sangat mahal pada tahun 1960 an. Bill Gates mendapat kesempatan langka itu.

Kerja keras saja tidak cukup
Tak bisa di pungkiri bahwa kerja keras [dan cerdas] merupakan salah satu pendorong seseorang untuk menjadi sukses.Namun, Gladwell berpendapat bahwa kerja keras saja tidak cukup. Menurutnya [berdasarkan penelitian], sesorang bisa sukses juga karena faktor:

-tempat dan tanggal lahir
-waktu yang tepat
-keluarga
-lingkungan
-kesempatan

Buku ini adalah usaha kolektif yang sangat besar manfaatnya. Malcolm Gladwell dapat mendeskripsikan rahasia sukses yang kadang tidak terungkapkan bahkan terpikirkan. Ditambah pengemasan yang menarik yaitu dengan kisah-kisah yang sangat menggugah dan penuh logika membuat kita enggan untuk melepas buku ini dari pandangan mata.

No comments:

Post a Comment