Dec 3, 2019

Daftar Album Terbaik dari Artist Indonesia pilihan Saya yang memotivasi


Beberapa lagu-lagu ini adalah lagu penyemangat buat saya, berikut adalah daftar lagu dan penyanyinya, serta penjelasan tentang albumnya :

1. Hindia (Baskara Putra) - Menari dengan Bayangan (Album)



      Hindia mengungkap secara garis besar album tersebut menggambarkan pengalaman pribadinya. "Kurang lebih bisa dibilang awal tahun itu momen yang beratlah buat saya. Banyak cerita-cerita spesifik yang terjadi di hidup saya, yang mendorong sampai mental breakdown itu bisa muncul," kata Hindia. Setelah berhasil keluar dari keterpurukannya itu, Hindia kembali menata kehidupannya dan menuangkan perasaan menjadi lagu-lagu yang dibungkus dalam album Menari dengan Bayangan. "Setelah saya melewati masa ini, masuk proses pemulihan, di proses pemulihan ini baru saya nulis semua lagu di album ini," ujar Hindia.



2.  Isyana Sarasvati - Lexicon (Album)


"Salah satu hal yang membuat saya berterima kasih pada LEXICON adalah karena akhirnya aku meretakkan sebuah trauma pribadi yang sudah mengakar lama, yaitu berani membaca komentar dan respons dari kalian semua," demikian pernyataan Isyana yang ia unggah melalui Twitter.

Isyana membeberkan bahwa selama lima tahun belakangan, ia tidak pernah membaca komentar publik atas karya-karyanya secara langsung.

Isyana mengatakan bahwa sebelumnya dia dibantu oleh tim yang membacakan komen-komennya. Ia kemudian akan menuliskan balasan di sebuah catatan terpisah. Nantinya, balasan dari Isyana tetap timnya yang menjawab langsung di kolom komentar.

"Aku tahu ini berlebihan, tapi memang begitu adanya. Setahun terakhir ini, sekali-kali berani tapi hanya 5-10 menit pertama 'post' itu diunggah. Itu juga karena ada fitur top comment jadi tahu kalau diklik paling atas komen teman-teman yang aku follow, udahnya enggak kuat mental lagi," kata penyanyi berusia 26 tahun itu.

Dia mengatakan bahwa dirinya cukup frustrasi dengan situasi itu. Sesekali penasaran dengan respons penggemar, tapi juga takut akan trauma yang dia pernah alami pada 2015 lalu.

Isyana tak mamaparkan dengan jelas komentar apa yang membuat dirinya trauma, menutup diri, serta sempat menyerah. Namun yang jelas, trauma itu perlahan luntur berkat album LEXICON.

"Setelah album ini keluar, sudah dua hari aku berani buka sendiri semua komen kalian. Yuk, coba bayangin deh bertahun-tahun itu menjadi impian, sekarang jadi kenyataan," katanya.

Baginya, kondisi ini membuat dia tersadar dan percaya bahwa ketika tulus dalam berkarya, ia dapat lebih menerima setiap keadaan dan respons yang ada.

"Sekali lagi, terima kasih LEXICON. Kamu menyembuhkan satu isu pribadiku yang cukup membuat aku agak tersesat di perjalanan karier bermusikku beberapa tahun silam," katanya.



3. Laze - Waktu Bicara (Album)



“Waktu Bicara” mempunyai nilai dengar ulang album yang cukup tinggi. Selain bahasan sebelumnya, dalam aspek lirik, menemukan barisan lirik bermakna ganda di album ini merupakan poin plus yang menghibur. Misalnya pada lirik “tangenku berkarya hingga mereka sinis,” yang ada di lagu “Peringatan”. Secara rima dan makna leksikal memang jelas-jelas masuk di dalam tema dan narasi lagu yang braggadocious. Tetapi pada waktu yang sama, Laze juga mereferensikan “karyanya” yang diibaratkan sehebat rumus trigonometri—sinus cosinus tangen. Hal mendetail namun simpel dan tidak menjemukan inilah yang membantu album ini untuk bisa dinikmati berulang kali.


No comments:

Post a Comment