Mar 2, 2019

Cara menghentikan kebiasaan buruk

Banyak orang orang mengatakan bahwa ketika kita ingin sukses, kita harus terus menerus bergegas membangun sesuatu yang akan bertahan selamanya. Itu benar, untuk mencapai tujuan yang besar itu kita akan membutuhkan kerja keras dalam waktu yang sangat lama.



Sekarang banyak sekali pengusaha, yang menggantungkan dirinya pada motivasi motivasi agar dirinya bisa terus berusaha keras. Menurut saya itu tidaklah salah, menjadi termotivasi adalah hal yang bagus, tapi itu tidak selalu dapat diandalkan. Bayangkan jika Anda hanya menjadi produktif ketika anda termotivasi saja. Anda akan tahu betapa tidak efisiennya hal itu, Anda menjadi tidak produktif ketika tidak ada yang memotivasi diri Anda.

Namun, Bagaimana jika Anda bisa menjadi Produktif tanpa menggantungkan diri anda terhadap faktor faktor luar tersebut?

Itulah mengapa membuat suatu kebiasaan baik sangatlah penting untuk mencapai tujuan Anda. Ketika Anda memiliki kebiasaan untuk melakukan sesuatu, Anda akan secara sistematis menjadi lebih produktif dari sebelumnya. Karena untuk mencapai impian tersebut, Kita membutuhkan sebuah kebiasaan yang konsisten setiap harinya.

Semua orang memiliki kebiasaan tersendiri, baik itu kebiasaan baik atau buruk, meski tidak kalian sadari. Setelah Pagi, apa yang anda lakukan pertama kali? bisa saja anda langsung memegang smartphone dan melihat instagram dan youtube setiap harinya ketika bangun pagi. itu adalah kebiasaan Anda. Coba kita ganti kebiasaan itu dengan membaca buku, mendengarkan podcast atau melihat video inspirasi. Semua kebiasaan kita telah otomatis diatur dalam otak kita. Kebiasaan itu membuat otak kita begerak secara otomatis tanpa harus berpikir keras akan kegiatan kita tersebut.

Tetapi hanya karena otak kita ingin lebih efisien, Bukan berarti hal itu hal yang baik. Bisa saja kebiasaan yang kita lakukan adalah kebiasaan buruk. Coba pikirkan bagaiamana kamu berbicara dengan orang disekitarmu, cara menghabiskan uangmu, dan makanan apa yang sering kamu makan sehari hari. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadapa apa yang akan terjadi pada hidup kita.

Jadi agar kita bisa lepas dari kebiasaan buruk kita, kita harus memahami dulu bagaimana kebiasaan itu terbentuk. Kebiasaan buruk terbentuk selama 21 hari menurut pakar dari psikologi. Hal ini terjadi karena otak kita melakukan hal yang rutin terus menerus selama 21 hari dan membuatnya menjadi kebiasaan kita.

Sekarang cobalah lakukan hal baik selama 21 hari, seperti membaca buku, sholat dan berdoa, berolahraga atau merawat diri kamu rutin selama 21 hari. Hal ini akan membuat hal itu menjadi kebiasaan kita sendiri, dan otak kita akan memprogam hal itu secara otomatis. Ini akan menjadikan kegiatan yang kita lakukan selama 21 hari itu  menjadi kebiasaaan yang baik.

Kurangilah waktu dalam menghabiskan hal yang tidak penting dan ubah hal itu menjadi sesuatu yang jauh lebih bermanfaaat, jika tidak sanggup melakukannya seumur hidup, lakukanlah selama 21 hari terlebih dahulu, dan hal itu akan menjadi kebiasaan kamu selanjutnya. Sehingga kamu tidak akan terbebani lagi akan hal itu.

Sekian dari saya terima kasih.

No comments:

Post a Comment