Nov 29, 2018

Apa Saja Penyebab Krisis Percaya Diri yang Harus Diwaspadai

Hidup ini memang seringkali penuh dengan masalah, namun bukan berarti harus berkeluh kesah dengan keadaan. Hidup ini adalah jalan perjuangan yang harus bisa terlewati dengan baik. Fokus pada penyelesaian masalah dan percaya pada diri sendiri merupakan kunci untuk bisa menuntaskan setiap permasalahan yang ada. Percaya pada diri sangatlah diperlukan untuk bisa memaksimalkan kemampuan diri dalam mengatasi problema dan rintangan yang ada.



Setiap orang mempunyai potensi tersembunyi yang bisa dimaksimalkan untuk meraih berbagai kesuksesan dalam hidup. Percaya diri memang menjadi salah satu modal penting, namun dalam kenyataannya seringkali terjadi krisis percaya diri yang akhirnya menghambat dan membatasi diri untuk bergerak lebih dalam rangka meraih setiap kesuksesan. Lantas apa sajakah penyebab-penyebab yang membuat seseorang bisa krisis percaya diri? Berikut paparannya..

1. Ketakutan Berlebih Akan Masa Depan



Tak jarang rasa takut akan masa depan membuat sebagian orang minder untuk bergerak dan berjuang hingga tak jarang meragukan kemampuannya sendiri. Ketakutan akan kegagalan di masa depan dan tak mau mengambil resiko lebih membuatnya ragu dengan kemampuannya pribadi dalam mengatasi setiap rintangan yang ada. Masa depan yang belum terlewati bukanlah sesuatu yang harus di takutkan, maka jalanilah hidup ini dengan nyaman karena baik buruknya masa depan bergantung pada perjuangan kita hari ini.

2. Merasa Kemampuan Pribadi Kurang



Manusia memang makhluk yang tak sempurna, dan begitu pula dengan diri kita. Namun bukan berarti ketidak sempurnaan itu membuat minder dan tak percaya diri. Untuk itulah jangan ragu dengan kemampuan diri, jikapun merasa kurang maka teruslah belajar untuk meningkatkan kemampuan dan menambah rasa percaya diri.

3. Kabar Buruk dari Orang Lain


Tak jarang kabar tak sedap dari orang lain membuat semangat lemah, maka sudah seharusnya kita bisa melihat dan menanggapi setiap kabar yang kurang baik dari sudut pandang yang berbeda dan memandang secara lebih positif. Seperti contoh kabar susahnya menyusun skripsi menurut orang lain tak lantas membuat rasa takut dan malas untuk menyusunnya, akan tetapi anggap saja kabar tersebut sebagai gambaran masalah yang harus dicari jalan keluarnya dan bukan sesuatu yang harus ditakutkan.

4. Pengalaman masa lalu



Kegagalan memang terkadang terasa menyakitkan, sehingga tak jarang karena kegagalan di masa lalu itulah yang membuat sebagian orang meragukan kemampuan dirinya untuk menyelesaikan setiap rintangan yang ada di masa kini. Kegagalan memang tak menyenangkan namun bukan berarti menjadi sesuatu hal yang harus ditakutkan, jikapun gagal di masa lalu maka cobalah evaluasi diri dan cari cara lain yang bisa mengantar diri pada keberhasilan.

5. Merasa yang Lain Lebih Hebat


Tak jarang sebagian orang merasa minder dan kurang percaya diri karena merasa orang lain lebih hebat dari dirinya. Setiap orang punya potensi terbaik dalam dirinya, maka sudah seharusnya kurang percaya diri harus di kikis, karena kehebatan seseorang dalam satu bidang belum tentu hebat dalam bidang lain. Untuk itulah jika tak bisa bersaing dalam bidang tertentu maka cobalah tekuni bidang lain yang berpotensi membawa pada kesuksesan.

Sumber :

No comments:

Post a Comment