Oct 19, 2018

Mengembalikan Semangat yang Sempat Menghilang

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa hidup ini penuh warna, serba-serbi kehidupan akan selalu menghiasi di setiap waktunya. Kita terlahir ke dunia menciptakan banyak kisah dan cerita dari masa ke masa mulai dari masa kecil hingga kini menjadi sosok yang dewasa pasti tak lepas dari cerita-cerita menarik yang mendampingi. Senang dan sedih silih berganti, bahagia dan duka pun saling mengisi dalam keseharian. Waktu demi waktu yang terus berlalu membuat kita menyadari bahwa kita akan terus menciptakan kenangan di setiap waktunya yang bisa dikenang setiap saat. Itulah kehidupan dimana kondisinya selalu dinamis dan tak selalu ada di kondisi yang sama.


Hidup ini penuh dengan misteri, kita tak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Kondisi hidup yang tak menentu seringkali membuat apa yang kita jalani tak bisa ditebak arahnya, hanya rencana dan impian yang dibuat yang membuat hidup terasa lebih terarah meski tak semua rencana bisa terwujudkan sempurna.

Kondisi hidup memang tak selalu sama, ada kalanya kita semangat dalam menjalani kehidupan dan ada kalanya lemah tak berdaya menghadapi deras ujian kehidupan. Jika kita mampu menyelami lebih dalam tentang hidup ini kita akan menyadari bahwa setiap perjalanan hidup kita akan penuh dengan perjuangan. Kita bisa menjadi seperti sekarang karena perjuangan kita di masa lalu, hanya berpangku tangan semata setiap mimpi dan tujuan hidup sulit untuk tercapai.

Tekad membara dan membaja seringkali muncul saat mulai melangkahkan kaki untuk menjadi yang terhebat, namun yang terjadi selanjutnya semangat itu semakin layu dan padam seiring ujian dan cobaan menghadang. Jalan umum kesuksesan pastinya setiap orang mengetahuinya, berani bermimpi lalu action menghadapi tantangan hingga meraih kesuksesan. Namun nyatanya ekpektasi dan realita dalam meraih mimpi dan cita-cita itu tidaklah sama dan seringkali jauh berbeda, ibarat kita melangkah dan mengharap jalan yang mulus sampai tujuan, namun apa daya jalan yang di lewati terjal berliku dan terkadang susah untuk kehidupan. Tak semua orang bisa meraih impiannya, hanya mereka yang memiliki mental para pemenanglah yang bisa berhasil menjadi seseorang yang sukses dalam kehidupan.

Terjatuh itu memang sakit, begitu juga saat kita terjatuh saat menggapai mimpi dan cita-cita. Semangat yang membara mendadak padam saat ujian menerpa, semua itu bukan berarti akhir dari sebuah kisah perjuangan kehidupan, lekaslah bangkit lagi dan kejar cita-cita. Ingatlah kembali perjalanan awal meraih cita-cita, semangat membara yang ada cobalah bangkitkan kembali dengan berbagai cara.

Tak dapat dipungkiri bahwa semangat merupakan "bahan bakar" untuk bisa berlari kencang dalam mengejar setiap tujuan. Hilang semangat itu wajar saja karena itu hal yang biasa terjadi pada setiap orang, yang terpenting adalah cara menyikapinya. Mau semangat atau tidak, teruslah berjalan dan berusaha menggapai apa yang di mau.

Semangat terkadang tak bisa ditebak hadirnya dan terkadang muncul dengan sendirinya, hal itu bergantung pada kondisi kita sendiri. Besar kecilnya suatu ujian yang menghapiri jangan membuat kita terlalu takut menghadapi dan membuat semangat terpuruk, konsistenlah untuk terus berjuang hingga menuju garis akhir kemenangan.

Teruslah berjalan meski semangat lemah dan merasa bosan di jalan perjuangan, ingatlah mereka yang ada di sekitar kita yang mungkin mendukung dan menyokong kita untuk sukses. Gapailah keberhasilan dan buatlah mereka bahagia dengan prestasi dan kesuksesan yang kita torehkan. Semangat itu bagaikan api, jika terus di jaga dari terpaan angin ujian dan cobaan tentu semangat itu akan tetap membara meski banyak ujian dan cobaan menyapa. Lalu bagaimana dengan kita? Sudahkah kita konsisten untuk tetap semangat menjalani kehidupan? Semua itu kembali ke diri kita masing-masing yang menjalaninya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

tulisan oleh takafoer

No comments:

Post a Comment