Oct 20, 2018

Individualisme dan penerapannya di negara maju

individualisme sering kali dicap buruk oleh orang orang Indonesia. Padahal jika kita melihat list di atas, negara paling Individualis di dunia semuanya merupakan negara maju. Menurut Saya, Individualisme adalah sikap yang cukup baik apabila kita mau semakin maju.



Individualisme membangun kita agar semakin mandiri dan fokus kepada tujuan dan cita cita kita masing masing. Individualisme juga mengajarkan kita untuk menghargai hak pribadi orang lain. Kita juga harus mulai memusnahkan kebiasaan buruk yang tertanam di dalam diri orang Indonesia yaitu "ngomongin dan ngurusin hidup orang lain". 

Kebiasaan ini sangat buruk dan membuat kita tidak maju maju. Gimana tidak buruk, waktu kita sudah banyak terbuang cuma untuk memikirkan yang bukan urusin kita dan bukannya fokus ke cita cita kita sendiri. Maka dari itu kenapa negara negara maju semakin maju dan negara kita masih saja stagnan. 

Orang orang di negara maju bersikap "Bodo Amat" kepada orang lain yang mungkin berlaku buruk. Bukan seperti orang orang disini yang kalau ada yang berbuat tidak baik malah semkain diomongin dan makin viral. Maka dari itu di Indonesia, orang bodoh bisa gampamg terkenal, karena diomongin terus.

Hal kedua yang akan Saya sampaikan adalah, Individualis bukan berarti tidak acuh dan tidak peduli sama orang. Negara negara Individualis bukan berarti orang orang nya jutek dan tidak peduli sama orang lain. Sebagai contoh dua negara di list ini yaitu Amerika dan Belanda merupakan negara yang orang orang nya dikenal ramah. Mereka cukup ramah terhadap sesama namun jika sudah ke arah ranah pribadi, mereka sudah tidak mau ikut campur karena itu bukan urusan mereka.

Berikut adalah 5 negara tersebut:

1. Amerika Serikat

Negara pertama di list ini adalah Amerika Serikat. Amerika Serikat adalah negara yang terletak di Amerika Utara. Negara ini juga sering dianggap sebagai negara termaju dan terkuat di dunia ini. Amerika Serikat pun ternyata adalah negara paling individualis di dunia. Orang orang Amerika pun dikenal dengan semangat "American Dream" nya dimana mereka bebas bermimpi dan mewujudkan cita cita mereka sebesar apapun tanpa celaan orang lain. Maka dari itu mereka jauh lebih berfokus kepada kesuksesan diri sendiri. Dan terbukti, Amerika dapat menguasai seluruh bidang di dunia ini serta menjadi negara termaju di dunia. Mereka cenderung tidak peduli dengan hal buruk yang dilakukan orang lain dan berfokus kepada kemajuan diri sendiri (Jauh berbeda dengan Indonesia yang ga maju maju karena kebanyakan ngurusin orang lain). Amerika Serikat pun mendapat skor individualis tertinggi yaitu 91.

2. Australia

Negara kedua di list ini adalah Australia. Negara Australia juga merupakan negara tetangga kita di bagian Selatan. Sama seperti Amerika Serikat, Australia juga merupakan negara maju. Australia terkenal akan kemajuan teknologi nya serta kemajuan pembangunan manusia nya. Sebagai negara maju, Australia juga merupakan negara yang Individualis. Orang orang Australia terkenal sangat menghargai kebebasan Individu dan juga sangat toleran. Mereka tidak suka mengecap orang lain dan lebih gemar mengevaluasi diri secara pribadi untuk lebih maju lagi. Australia mendapat skor individualis yang beda tipis dengan Amerika Serikat yaitu 90.

3. Inggris

Berikutnya di nomor tiga ada salah satu negara kerajaan paling terkenal di dunia. Inggris adalah negara yang terletak di Eropa Barat. Inggris juga adalah negara yang memiliki banyak teritori atau wilayah kepemilikan di luar tanah utama mereka. Inggris pun adalah salah satu negara maju paling terkenal di dunia. Sama seperti Australia, Inggris merupakan negara yang sangat toleran dan sangat menghargai kebebasan individu. Mereka tak suka terlalu mengurusi urusan pribadi orang lain. Maka dari itu Inggris termasuk sebagai negara yang Individualis. Mereka fokus pada diri mereka sendiri. Inggris juga memiliki skor yang cukup tipis dibawah Australia yaitu 89.

4. Belanda

Pada nomor empat ada negara Eropa kedua di list ini, Belanda ! Belanda adalah negara yang terletak di Eropa Barat. Belanda juga merupakan negara yang terkenal sangat maju terutama di bidang Teknologi dan Pendidikan. Sama seperti negara maju lainnya, Belanda adalah negara yang Individualis. Orang orang Belanda cenderung fokus pada hal hal individu. Namun yang spesial dari negara ini adalah, Belanda merupakan negara yang paling liberal dan toleran di dunia. Yang artinya negara ini sangat menghargai kebebasan individu tanpa mengusik orang lain. Belanda memiliki skor individualis yang cukup jauh dibandingkan Inggris yaitu 80.

5. Selandia Baru

Dan negara terakhir di list ini adalah Selandia Baru. Selandia Baru adalah negara yang terletak di Benua Oseania. Negara ini juga merupakan salah satu negara paling selatan di dunia. Sama seperti ke lima negara di atas, Selandia Baru juga adalah negara maju. Sama dengan tetangganya Australia, Selandia Baru juga adalah negara yang Individualis. Orang orang di negara ini juga sangat menghargai kebebasan dan hak individu dan juga lebih fokus pada hal hal individu. Skor individualis negara ini memang jauh dari Australia yaitu di angka 79.

Di bawahnya masih ada banyak negara individualis lainnya seperti Italia, Perancis, Irlandia, Swedia, Swiss, Jerman, dan Jepang.

Namun masih ada beberapa negara barat dan negara maju yang tidak Individualis seperti Portugal, Yunani, dan Korea Selatan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia adalah salah satu negara apaling kolektif / individualisme paling rendah di dunia dengan skor 14 (Ke 7 Terendah).

apakah Saya adalah seorang Individualis ? 
Ya, saya seorang Individualis

Individualis yg Saya maksud adalah "mind your own business"

24 comments:

  1. Australia maju teknologi nya apaan ? Australia hanya pemakai saja. Penemunya ya dari negara/bangsa lain.

    Selandia Baru juga sama. Teknologi maju apa yang dari Selandia Baru? Selandia Baru juga hanya pemakai saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari pendapatan dan ekonomi termasuk maju

      Delete
  2. Karena memang semua itu adalah budaya orang-orang di sana yang individualis. Namu kita di Indonesia ini tetap berinteraksi dengan orang lain alias tidak individualis kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi sih, tapi tetap jangan terlalu mengurusi kesalahan orang lain yang tidak seharusnya kita urus, hehe

      Delete
  3. Jefri AgustianOctober 20, 2018

    Kalau nulis artikel ini harusnya bukan individualis dong soalnya masih ngurusin masalah negara Indonesia, hahaha, bercanda bang

    ReplyDelete
  4. sandy putraOctober 21, 2018

    pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial dan makhluk individu. adakala nya kita harus hidup secara sosial. tapi ada saatnya kita juga butuh sendiri. bukan mana yg harusnya lebih baik, namun kapan saatnya kita jadi individualis atau jadi hidup secara sosial

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul harus bisa menyesuaikan juga sesuai porsinya

      Delete
  5. Yoi, Saya setuju sama pendapatnya tentang banyaknya waktu yang terbuang oleh "rata rata" masyarakat kita untuk mengurusi kehidupan orang lain kaya kehidupan artis atau semacamnya lah padahal artis atau tokoh yang diomongin juga gapeduli wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sangat tidak penting padahal

      Delete
  6. Ahmad FauzyOctober 21, 2018

    susah diaplikasikan disini.. banyak ngebacotin temen, sodara, bahkan sahabat.. suka makan sesama kalo disini.. Saya mah bodo amat

    ReplyDelete
    Replies
    1. musuh dalam selimut sangat berbahaya

      Delete
  7. Individual ada gunanya juga. Thanks gan, infonya membuka otak dan pikiran Saya dipagi hari ini

    ReplyDelete
  8. maka jgn urus keburukan orang lain..
    banyak ya contoh di Indonesia ..

    ReplyDelete
  9. Agak rancu sih maksud dari negara individualis, karena AS sebagai yg no 1 paling individualis, tapi buktinya dia hobi campurin urusan negara lain (contoh terlalu ikut andil dalam perang Vietnam akhirnya malah parah, menuduh ada senjata pemusnah massal di Irak yg terbukti tidak ada akhirnya menimbulkan konflik panjang tiada akhir disana)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masyarakatnya yang individualis bukan pemerintahnya

      Delete
  10. hal terbodoh yang manusia bisa lakukan dalam hidupnya

    terlalu memperdulikan orang lain yang tidak layak dipedulikan

    misal : vote sms idol acara pencarian bakat, ya ya, mereka makin kaya, sini kehabisan pulsa

    ReplyDelete
  11. wajar aja 7 dari bawah
    netizen nya aja sok ngatur idup orang apa lagi soal agama
    gw pernah liat di IG ada selebgram gitu bikin Q&A yang di tanya bapak ibu islam
    emank napa mau dilamar bapak ibu nya

    ReplyDelete
  12. sevenfivesevenOctober 21, 2018

    seharusnya kita sudah bisa membedakan yg baik dan buruk ,eh ini engga .entah masyarakat kita kena syndrome apa sehingga "mengikutcampuri urusan orng yg ga penting buruk lah " ampun dah ...

    ReplyDelete