Oct 22, 2018

Betapa Nikmatnya Hidup Ini, Mari berterima kasih dan bersyukur


Maka teteskanlah air matamu, Lalu bersimpuhlah di bumi-Nya yang suci, atas nikmat yang telah diberikan Tuhan kepadamu. Nikmat yang tak terhitung jumlahnya dan yang pernah bisa kita beli, bahkan dengan gunung emas sekalipun.



Dimulai dari hal yang paling sederhana, yang kerap tidak kita sadari betapa sesungguhnya kita telah dianugerahi berbagai macam nikmat hidup yang terkadang kita abaikan. Tanpa kita sadari kadang kita juga merasa bahwa hidup dan kehidupan ini adalah kodrat dan takdir yang biasa saja, dan bukan sesuatu yang harus dipikirkan atau direnungkan.

Mumpung nyawa masih menempel di raga, dan selagi nafas masih betah nongkrong di tenggorokan kita. Mari sama-sama kita evaluasi, dan kita lihat lagi nikmat-nikmat sederhana mana yang sepatutnya kita syukuri. Agar kita selalu ingat bahwa hidup ini adalah anugerah terindah dari Tuhan Sang Maha Pencipta.

Bersyukur Karena Nikmat Sehat

kita boleh punya uang banyak, harta berlimpah dimana-mana. Tapi ketika kita sakit (apalagi sakit yang parah) maka nikmat mana yang bisa kita nikmati atas harta kita tersebut?

Pernahkah kita sekali saja berpikir betapa tersiksanya saat kita sakit gigi? Bibir yang sariawan, atau sekedar demam dan sakit kepala. Rasanya pasti tidak enak. Sakit banget. Dan biasanya saat rasa sakit itu datang kita baru berpikir " betapa enaknya menjadi orang yang sehat".

Bersyukur Karena Nikmat Waktu

Tahu kenapa waktu tidak pernah akan bisa diulang?
Kenapa tidak pernah ada satu manusia jenius pun di dunia ini yang bisa membuat mesin waktu? Kenapa?

Percayalah jika ada yang bisa melakukan itu maka surga akan sesak oleh manusia dan neraka akan kosong kecuali iblis sebagai penghuninya.

Ada begitu banyak waktu luang untuk kita merenung, berdoa dan bersyukur atas nikmat waktu, nikmat usia, dan nikmat-nikmat lainnya.  Tapi sesering apa kita melakukan itu?

Bersyukur Karena Nikmat Udara

Kebayang tidak seandainya udara yang kita hirup setiap hari ini harus kita sewa atau kita beli?Anggaplah biaya sewanya sehari Rp. 10.000 rupiah. Jika agan menghirupnya selama 30 tahun maka silahkan hitung sendiri berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sekedar bisa bernafas selama rentang waktu tersebut?

Dan pernahkah kita merenung dan berpikir betapa seimbangnya udara yang kita hirup ini?

Komposisi udaranya yang tepat, serta sirkulasinya yang pas membuat kita bisa bernafas dengan baik.

Bukankah ini salah satu nikmat dan anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita?

Dan atas itu semua pernahkah kita bersyukur seraya mengucap doa kepada-Nya?

Bersyukur Karena Nikmat Bentuk Tubuh

Pernah gak sih kita mikir betapa hebatnya Tuhan menciptakan bentuk tubuh manusia dengan sangat-sangat sempurna?  Dan pernahkah kita merenungkan kenapa Tuhan juga menciptakan bentuk tubuh manusia yang kurang sempurna?

Hidup adalah keseimbangan agar kita yang merasa memiliki bentuk tubuh yang sempurna selalu senantiasa bersyukur. Dan mereka yang tidak memiliki bentuk tubuh yang sempurna harusnya membuat kita yang sempurna ini belajar bersyukur.



4 comments:

  1. Muchammad YanwarOctober 22, 2018

    Hidup ini harus di syukuri. Terkadang banyak keluhan yang ga di sadari. Padahal di dalam kesulitan ada yang lebih sulit dari apa yang dialami. Lebih tepatnya "Beribadahlah seakan mati besok" dan "Bekerjalah seakan hidup selamanya"

    ReplyDelete
  2. Saya bersyukur bilamana pikiran akan beratnya hidup ini juga dapat dikurangi bahkan dihilangi

    ReplyDelete
  3. Karina MariinOctober 22, 2018

    kadang aku juga suka khilaf bahwa banyak hal hal kecil yang seharusnya ane syukuri tapi sering ane abaikan.

    aku juga sering mikir enak banget bisa menghirup udara secara gratis dengan komposisi yg tepat dan pas bagi hewan, tumbuhan dan manusia. Terima kasih ya Allah, terima kasih

    ReplyDelete
  4. Bersyukur itu gak harus pandang bulu . Seburuk apapun situasi kita mesti bersyukur . Karena nikmat bersyukur itu LUAR BIASA :)

    ReplyDelete