Aug 18, 2018

Pembukaan Asian Games 2018 di Indonesia yang meriah

Sebelum membicarakan Asian Games 2018, mari kita bahas apa itu Asian Games?
Asian Games atau yang disebut juga Asiad adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun dengan atlet-atlet dari seluruh Asia.

Asian Games 2018 adalah edisi ke-18 yang diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2018 - 2 September 2018 di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten.

Indonesia disetujui menjadi tuan rumah Asian Games XVIII oleh Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia pada 19 September 2014. Event olahraga ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta tahun 1962. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games diadakan di dua kota sekaligus.

Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang ini dipastikan menggelar 40 cabang olahraga (cabor). Kepastian ini terbit setelah Olympic Council of Asia (OCA) mengadakan General Assembly ke-36 di Ashgabat, Turkmenistan, 20 September 2017.

Opening Ceremony




Opening disambut meriah dengan adanya atraksi motor dari stuntman Jokowi sebagai pembuka, hal ini membuat pembukaan dari presiden terkesan sangat unik. Wishnu Utama selaku pemimpin tim kreatif sangat hebat dalam mengemas hal tersebut.


Apa saja sih Fakta-Fakta dibalik meriahnya pembukaan Asian games yang berlangsung tadi malam tanggal 18 Agustus 2018?

Mari kita simak fakta-fakta menariknya.

1. Panggung Yang sangat Megah

Panggung pembukaan Asian games ini memang sangat besar dengan ukuran Panjang 120meter,
Lebar 30meter, dan Tinggi 26meter membuat siapa saja pasti sangat antusias menyaksikan acara yang diadakan di panggung yang megah tersebut. Panggung tersebut juga menampilkan karakteristik dari wilayah Indonesia itu sendiri dengan gunung, tanaman ciri khas nusantara,padang rumput.Panggungini dirancang oleh perancang dari Jakarta-Bandung loh guys.Keren gila gak?


2. Penampilan Ribuan Penari yang Menghipnostis Penonton

Tidak kurang dari 5.000 orang penari menari di atas panggung yang luarbiasa itu guys. Tarian yang di bawakan juga tarian khas dari seluruh Indonesia. Nah tarian para penari tersebut di koreograferi oleh koreografer yang pastinya bukan sembarangan seperti Deni Malik dan Eko Supriyanto, Wah… pantes keren sekali. Yang paling menyita perhatian adalah tari saman yang dilakukan oleh ribuan peserta dengan efek 3D yang membuat siapa saja yang menonton merinding karena kemewahanya dan keseruanya.

3. Dimeriahkan Musisi-Musisi Dalam Negri yang Spektakuler

Menariknya lagi, Acara ini di meriahkan juga oleh bintang-bintang layer kaca dan musisi yang super duper kece deh. Bagaiman tidak,deretan nama-nama musisi yang ikut memeriahkan adalah Via Vallen, Tulus, Ariel NOAH, Rian D’MASIV, Rinni Wulandari, Wizzy, Putri Ayu, Kamasean, Cakra Khan, Rossa, Fatin, GAC, Raisa, Joey Alexander, Maruli Tmapubolon, Edo Kondologit, dan Anggun yang sudah go international.  Bahkan nih guys presiden Joko Widodo saja ikut bergoyang dayung saat penampilan Via Vallen.

4. Dimeriahkan Juga oleh Ratusan Pemusik yang Super Kece


Pembukaan acara Asian games ini juga gak ketinggalan dengan acara music yang sangat meriah.  Ratusan pemusik ini bermain di bawah arahan Adie MS dan Ronald Steven yang pastinya terkenal banget dengan prestasi di bidang musiknya.  Makanya acara musiknya sangat bagus.


5. Harga Tiket Yang Langsung Ludes Terjual

Acara yang sangat meriah ini tentu saja membuat smua orang ingin menonton secara langsung.  Namun keterbatasan tiket menjadi halangan, tapi tenang karena acara ini telah disiarkan juga di TV dan Vidio.com.  Harga tiket dari acara pembukaan Asian games 2018 di Gelora Bung Karno ini di bandrol Rp. 750.000 untuk regular sampai Rp. 5.000.000 untuk VIP.  Nah tiket ini langsung ludes terjual loh, Bahkan ada pembeli tiket yang tidak kebagian kursi walau sudah memesan tiketnya.Duh… antusias masyarakat sangat hebat ya…harus diapresiasi nih.



6. Dibuka Langsung Oleh Presiden Joko Widodo Dengan Sangat Unik

Dimulai dari istana naik mobil dan terjebak macet hingga memutuskan menggunakan motor dan beraksi sperti di film mission imposible : fallout ala Tom Cruise. Presiden kita mampu menghipnotis semua yang menonton acara pembukaan Asian games tersebut.Bahkan nih aksi presiden kita sampai menjadi trending di media social bukan hanya di Indonesia tapi juga di korea dan menjadi perbinacangan di media international.Keren banget kan?


7. Undangan Langsung Dari Presiden Joko Widodo untuk Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un

Pemimpin korea utara Kim Jong-Un mendapat undangan langsung dari presiden kita melalui Menteri Koordianto Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia bu Puan Maharani yang langsung mengunjungi korea utara untuk menyerahkan undangan kepada pemimpin tertinggi korea utara itu pada akhir bulan juli didampingi delegasi.


8. Korea Utara dan Selatan Membawa Bendera yang Sama dan Bersatu di Berbagai Cabang Olahraga

Hal yang sangat mengejutkan dan tentunya menggembirakan juga dating dari korea utara dan selatan karena mereka bersatu dalam ajang Asian Games ini dengan membawa bendera yang sama.