Sep 5, 2018

Masa Lalu, Bagian Hidup yang Tak Pernah Kembali

Perjalanan hidup ini tentunya akan selalu bergerak maju dan selalu dinamis, ibaratkan roda yang berputar dan tak pernah ada hentinya berjalan. Kehidupan ini jelas alurnya selalu bergerak maju dan tak pernah mundur, karena hidup ini bukan sebuah cerita novel ataupun tayangan film dan sinetron yang memiliki alur maju mundur, apa yang telah berlalu tentunya tak akan pernah kembali menyapa karena sesuatu yang telah berlalu seringkali tak akan pernah kembali lagi.


Hidup memang tak selamanya bahagia, akan tetapi hidup juga tak selamanya membuat sengsara. Nyatanya hidup ini seperti naik turun kondisinya namun alurnya tetap sama, selalu maju kedepan. Waktu yang dimiliki adalah sebuah anugerah terindah untuk setiap manusia, untuk itulah jangan pernah sekali-kali menyia-nyiakannya karena waktu yang berlalu tak akan pernah kembali. Setiap orang pasti punya kisah dan cerita yang menarik dalam hidupnya, entah itu terlihat buruk ataupun terlihat baik. Semua orang yang hidup di dunia ini tentunya memiliki masa lalu, karena setiap perjalanan hidupnya seringkali akan meninggalkan kenangan hidup yang tak mudah terlupa.

1. Haruskah berdamai dengan masa lalu?

Masa lalu memang bagian dari kehidupan manusia itu sendiri, karena itu kuranglah tepat jika kita harus melupakan sepenuhnya masa lalu, kita bisa seperti sekarang ini karena adanya masa lalu. Kita bisa menjadi sukses di masa sekarang tentunya karena perjuangan diri kita di masa lalu. Berdamailah dengan masa lalu dan simpan segala kenangan tentang masa lalu untuk diambil pelajaran baiknya dari sebuah kisah atau peristiwa di masa lalu.

2. Masa Lalu : Manis dan Melenakan

Bagi seseorang yang memiliki kenangan indah di masa lalu tentunya membuatnya terlena dan terbuai dengan kenangan indah di masa lalu, tak ada salahnya memang mengenang masa lalu yang indah, namun jika berlebihan tentunya tak akan baik untuk kita kedepannya. Memang kenangan indah di masa lalu itu terkadang membuat terlena, namun menyikapinya secara wajar tentu lebih baik adanya.

3. Hidup untuk masa depan, bukan untuk masa lalu

Masa lalu adalah bagian hidup yang telah kita lalui, apa yang terjadi di masa lalu pastinya tak akan bisa terulang kembali, tak perlu menyesali kesalahan di masa lalu secara berlebihan atau terlalu tenggelam dalam kenangan indah masa lalu karena kita hidup untuk hari ini dan hari esok. Yang berlalu biarlah berlalu dan cobalah untuk ciptakan sejarah baru yang bisa membuat diri kita memiliki semangat yang menggebu-gebu dalam menjalani kehidupan. Setiap Berjalanpun kita harus menatap ke depan agar tidak tersandung atau terjatuh dan begitu juga kita dalam menghadapi kehidupan, jangan sampai masa lalu membuat kita lupa bahwa hidup yang dijalani adalah hari ini dan seterusnya, bukan memfokuskan diri pada masa lalu.

4. Jangan takut dengan Masa Lalu

Jika memang kisah masa lalu itu menakutkan atau pahit untuk dikenang, maka sikapilah secara positif dan yakinilah bahwa masa lalu adalah bagian yang bukan masanya kita lagi dan masa sekarang adalah waktu kita untuk memperbaiki atas apa yang kurang baik di masa lalu. Tak perlu risaukan lagi semua yang telah berlalu karena itu hanya sejarah yang telah terjadi dan tak bisa diperbaiki lagi.

5. Hidup dan Kenangan

Tanpa disadari memang kita semakin menjauh dan semakin menjauh dari masa lalu dan terus menciptakan kenangan dalam setiap waktunya. Berlapang dadalah dan nikmati kehidupan saat ini yang mungkin saja akan berlalu dan menjadi kenangan untuk kita di masa depan nanti.

6. Bukan Sekedar Bertahan, Tapi Terus Berjalan

Hidup ini tentu bukan sekedar bertahan, Prestasi di masa lalu tentu harus digantikan dengan prestasi baru di masa kini, janganlah lantas kita berjalan di tempat dan tak membuat sejarah baru. Teruslah berjalan menjauh dari masa lalu kita untuk menggapai kegemilangan di masa depan.

Disclaimer: ini bukan tulisan saya tapi diambil dari tulisan kaskus melalui thread ini