Sep 5, 2018

Kita perlu mengevaluasi diri dalam hidup

Apakah Saya dan Anda pernah melakukan kesalahan? Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidup, karena manusia adalah makhluk yang tak sempurna dan tak lepas dari salah dan khilaf. Rasa sesal dan dongkol seringkali dirasakan saat kesalahan itu tercipta, dan tak jarang semangatpun menurun drastis karena satu kesalahan yang terbuat. Memang setiap orang terkadang tak bisa mengelak dari kesalahan, karena itu perlu antisipasi agar kesalahan itu bisa terminimalisir adanya.


Berhati-hati dalam menjalani kehidupan itu di perlukan agar kita tak lepas pada kesalahan yang sama, sungguh sangatlah merugi bila jatuh pada kesalahan yang sama berkali-kali. Untuk itulah sangatlah diperlukan evaluasi diri kita agar kita senantiasa menjadi yang terbaik dalam kehidupan, lantas mengapa kita butuh evaluasi diri dalam menghadapi hidup ini?

1. Meminimalisir Kesalahan

Dengan adanya evaluasi tentu untuk meminimalisir segala kemungkinan kesalahan yang terjadi di masa nanti, hidup terus menerus di iringi dengan kesalahan memang sangatlah tidak nyaman. Melalui evaluasi dirilah membuat kita terbayang mau seperti apa nanti kedepannya dalam menghadapi setiap problema permasalahan yang ada agar tidak salah dalam menyikapinya.

2. Lebih Bijak dalam menjalani hidup

Mengevaluasi diri tentunya akan membuat kita lebih bijak dalam menghadapi setiap problema kehidupan. Sehingga bisa meminimalisir segala sikap yang tak seharusnya dilakukan seperti marah-marah, iri dengki, tak sabaran dan lain sebagainya yang terkadang membuat permasalahan hidup menjadi semakin rumit.

3. Sebagai Kontrol Diri

Adanya evaluasi bisa menjadi sebuah kontrol diri dalam setiap upaya untuk mengejar cita-cita atau setiap upaya untuk bisa menjadi seseorang yang terbaik dalam kehidupan. Dengan adanya evaluasi pula seseorang bisa memutuskan mana yang seharusnya dilakukan dan mana juga hal yang tak seharusnya dilakukan, sehingga bisa meminimalisir segala hal yang tak perlu dilakukan.

4. Motivasi dan Dorongan Hidup

Adanya evaluasi bisa membuat seseorang termotivasi dan memiliki dorongan hidup untuk bisa lebih baik lagi kedepannya, dengan evaluasi tentunya selalu ada koreksi dalam setiap waktunya sehingga terpacu untuk bisa lebih baik lagi dari setiap masa ke masanya.

5. Penilaian keberhasilan dan kegagalan

Evaluasi tentunya bisa juga digunakan sebagai sarana untuk menilai apakah sesuatu hal itu berhasil atau tidak melalui penilaian yang berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Jika suatu hal itu berhasil tentu akan terus berlanjut dan jika yang dilakukan itu mengalami kegagalan tentunya harus diperbaiki dan dikoreksi agar bisa menghasilkan hasil akhir yang sesuai dengan yang diharapkan.