Sep 15, 2018

Bisnis atau Kerja?

Selama kerja pernah tidak kepikiran mulai bisnis?
Bukan untuk merendahkan satu pihak, Inilah perbandingannya:


1. Pemasukan

Kalau karyawan tiap bulan pasti mendapatkan gaji. Kalau gaji telat Anda bisa komplain. Belum lagi ditambah bonus dan fasilitas ini itu.

Kalau menjalankan bisnis, jangan harap bonus. Kalau udah ngambil karyawan, gaji setiap bulan harus dipikirkan bagaimana caranya biar bisa tetep menggaji mereka secara teratur.

2. Growth

Kalau bisnis pemasukan memang naik turun, tapi kemungkinan mendapatkan profit/revenue stream yang lebih besar dari karyawan bukan tidak mungkin. Tapi khususnya ketika Anda kerja untuk diri sendiri, bukan untuk perusahaan orang lain. Perusahaan Anda berkembang ya hasilnya buat Anda juga.

Karyawan gajinya mentok, sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Tidak peduli performa Anda, tidak peduli Anda fokus jam kerja atau malah lembur, gaji tetap sama, meski ada yang menambah gaji ketika Anda Lembur.

3. Bahaya jadi Karyawan

Yang terutama menurut saya, Anda bisa dipecat kapan saja. Dan jika Anda tidak memutar otak untuk mencari pemasukkan dari hal lain dan hanyut sama enaknya jadi karyawan, hati-hati. Bisa-bisa selamanya Anda terperangkap kerja jadi karyawan.

4. Bahaya Menjalankan Bisnis

Bisnis itu kecil kemungkinannya untuk berkembang. Setiap hari pasti ada muncul bisnis baru. Tapi yang bisa survive sampai puluhan tahun, ya sedikit. Apalagi yang sampai tahap unicorn. Tapi kalo tidak dicoba, ya kita tidak bakal tau.

Dan coba saja dipikir-pikir, seberapa besar kemungkinan seorang karyawan diangkat jadi direktur atau country manager dan semacamnya? Kecil sekali. Hampir sama kecilnya dengan bisnis yang sampai tahap unicorn.

Dan dalam bisnis yang jelas tidak ada yang namanya hari libur buat Anda. 24/7 setiap hari Anda akan stress memikirkan bisnis.


“Being an entrepreneur is like eating glass and staring into the abyss of death.”

- Elon Musk

Tapi kalau tahap itu sudah dilewatkan, dan Anda berhasil mengembangkan bisnis sendiri, selanjutnya tinggal dipikirin masalah ekpansi dan growthnya saja. Walau jelas, Saya tekankan ekspansi dan growth ini tidak akan semudah bicara di forum internet juga.