Feb 7, 2018

Tipe-tipe Orang yang Harus Dihindari



Kita saat ini hidup dengan 6 miliar lebih manusia dengan tipe yang berbeda-beda. Tapi kenyataannya ada beberapa tipe manusia yang harus kita hindari. Alasan menghindari tipe orang-orang seperti ini adalah karena mereka merugikan kesehatan pikiran kita.

Jika kau ingin memiliki tubuh yang sehat, kau harus lebih dulu memiliki pikiran yang sehat

Berangkat dari Quote di atas, berikut tipe-tipe orang yang harus dihindari:

1. GOSSIPERS

Kemungkinan anda sudah mengetahui bahwa orang-orang yang suka menggosip harus dihindari.

Penggosip pada dasarnya adalah orang/sekelompok orang yang membicarakan, mengkritik, atau menyiksa secara verbal orang lain di belakang mereka. Kenapa mereka harus dihindari? Karena jika mereka membicarakan orang lain saat orang itu tidak ada, berarti mereka akan membicarakanmu saat kau tidak ada.

Saat orang-orang di sekitar kamu membicarakan orang lain, kemudian mereka mulai menambahkan aspek negatif ke orang itu, kamu hanya perlu mengatakan "Stop. Aku tidak ingin mendengar itu" dan kemudian kamu bisa menghindari percakapan. Karena efek yang diterima dari mendengarkan gosip adalah kamu berakhir dengan menggosipinya kepada orang lain, atau kamu berakhir dengan memiliki perasaan negatif kepada orang yang digosipin.

Salah satu hal yang bisa dilakukan jika kita mengenal orang seperti itu adalah membantunya untuk mengerti, bahwa menggosip tidak akan membantu siapapun, bahkan orang yang di gosipin.

2. JEALOUS HATERS

Jealous Haters, begitu saya menyebutnya, adalah seseorang yang membenci kita, tapi mereka membenci kita karena mereka merasa iri pada kita. Beda ya dengan haters, karena biasanya haters lebih membenci kita dan mengkritik kita tanpa mengenal kita. Sedangkan Jealous Haters lebih sering ke orang yang mengenal kita, lalu mereka membenci kita karena mereka iri pada suatu hal yang kita bisa atau kita miliki.

Untuk haters sendiri, yang mengkritik kita tanpa mengenal kita, tidak perlu dihindari. Bagaimanapun, buat saya, kritik membuat kita lebih baik, tapi adanya haters membuat kita menjadi lebih baik dengan lebih cepat.

Jealous Haters juga biasanya adalah orang yang menyukai kita, mereka ingin menjadi seperti kita, tapi mereka tidak tahu cara mengekspresikannya. Beberapa dari mereka akan mengevaluasi kamu di luar konteks dan mengatakan bahwa kamu tidak cukup bagus dalam hal apapun yang kamu lakukan di depannya. Jangan biarkan orang-orang seperti ini mengevaluasi diri kamu sesuka hari mereka. Karena kamu sendirilah yang paling tahu apa yang kamu mampu atau tidak mampu lakukan.

Salah satu ciri Jealous Haters adalah ketika kamu mengatakan nasihat yang bagus ke orang lain, si Jealous Haters akan langsung menghancurkan nasihat kamu dengan mengatakan "Ah, kurasa itu tidak terlalu bagus". Karena mereka selalu membuat kamu merasa bahwa apa yang kamu katakan dan lakukan tidak cukup bagus.

3. TIME WASTERS

Time Wasters adalah tipe orang yang suka membuang-buang waktu. Orang-orang yang berbicara tentang apa yang mereka anggap penting tapi menurut kamu tidak, seperti selebriti, musisi, klub sepak bola, atau apapun hanya untuk membuang waktu.

Lebih baik jika kamu bertemu dengan tipe time wasters seperti ini, kamu harus dengan baik-baik memintanya untuk mengatakan inti dari ceritanya saja agar kamu bisa langsung ke pembicaraan yang paling penting. Atau membuat orang seperti ini mengerti bahwa kamu juga memiliki hal penting yang harus dilakukan

Tapi jika kamu tertarik dengan pembicaraannya, kamu tidak perlu melakukannya, karena itu hanya berlaku jika pembicaraan itu menarik dari satu sisi doang.

4. MONEY GRABBERS

Tipe Money Grabbers sendiri adalah tipe orang-orang yang kabur saat tagihan datang, orang-orang yang membuat kamu membeli hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan, yang hanya ingin membuat kamu menghabiskan uang.

Bagaimana caranya kita mengetahui orang dengan tipe seperti ini di sekitar kita? Tanyakan ini pada diri kamu, "Siapa yang paling sering membuat kita mengeluarkan uang untuk hal yang tidak di butuhkan?" Pikirkan apakah kamu membeli sesuatu untuk membantu orang lain, atau hanya karena orang itu memintanya?

5. OVER-SENSITIVE

Ini adalah tipe orang yang dateng ke kamu dengan segudang emosi dan seribu satu masalah, atau lebih. Dan bagaimana caranya kita mengetahui tipe orang seperti ini? Biasanya orang seperti ini akan pilih-pilih. Maksud saya pilih-pilih yaitu bener-bener pilih-pilih. Mereka pilih-pilih tentang pakaian, sepatu, bahkan makanan. Mereka akan pilih-pilih dengan apapun yang mereka lihat atau apapun yang mereka lakukan.

Kebanyakan dari mereka memang bagus untuk kadang-kadang menginspirasi kamu karena mereka mengetahui banyak barang-barang atau kebutuhan lainnya akibat mereka pilih-pilih, atau belajar dari masalahnya yang menumpuk. Tapi sebaiknya jangan menghabiskan banyak waktu dengan orang seperti ini. kamu harus ingat bahwa juga punya tujuan yang harus dicapai.

6. EXCUSE MAKERS

Excuse Makers adalah tipe orang yang memiliki seribu satu alasan. Dan bagaimana cara mengetahui tipe orang seperti ini? Mudah, mereka selalu lapar, mereka selalu lelah, mereka selalu mengantuk, mereka selalu bosan. Mereka selalu memiliki alasan jika dihadapkan dengan sesuatu yang harus dilakukan.

Jika ada orang seperti ini datang ke kamu, tujuan mereka cuma satu. Mereka ingin kamu menggantikan mereka melakukan sesuatu yang seharusnya orang itu kerjakan sendiri dengan beribu alasan dari yang tidak masuk akal, sampai alasan yang dibuat dramatis sehingga membuat kita percaya.

Tapi sekali lagi, kita harus benar-benar mengerti alasan mereka, lalu memutuskan untuk membantunya atau sepenuhnya mengabaikannya.

7. MIS-EDUCATED

Tipe orang terakhir menurut saya yang harus dihindari adalah tipe Mis-Educated, ini adalah tipe orang yang memiliki gagasan yang salah tentang apa yang diperlukan agar kamu bisa sukses.

Biasanya tipe orang seperti ini adalah teman yang datang ke kamu lalu mengatakan kepada kamu bahwa kamu harus seperti ini, seperti itu, agar bisa sukses sepertinya. Tapi kamu juga harus mengerti, bahwa di luar sana, banyak serigala berbulu domba, banyak musuh (enemies) yang membaur menjadi teman (friends), yang saya sebut Frienemies.

Sekali lagi, jangan biarkan orang seperti ini melupakan apa tujuan kamu, atau apa goal kamu dalam hidup. Karena banyak teman kamu yang sudah sukses, terkenal, kaya raya, tapi selalu ingat, mereka tidak akan bisa tahu apa yang kita harus lakukan agar menjadi sukses. Intinya, tidak perlu menuruti perkataannya, dan hanya ambil sisi positif dari ceritanya untuk menjadi orang sukses.

kamu mengikutinya dan melakukan hal yang sama dengannya untuk bisa sukses, kamu kemudian akan gagal, karena itu bukan purpose kamu, karena itu sebenarnya bukanlah hal yang kamu ingin lakukan.

8.TAKERS (PENGAMBIL)

Takers ini adalah tipe orang yang selalu mengambil sesuatu dari kamu. Dia tidak pernah memberi, atau dia sedikit memberi, tapi dia mengambil begitu banyak sesuatu dari kamu. Semua yang dia lakukan hanya meminta, meminta, meminta, dan tidak pernah mengembalikan.

Tapi, jika SEMUA yang mereka inginkan terdiri dari satu hal saja, misalnya, mereka hanya ingin waktu, mereka hanya ingin uang, mereka hanya ingin perhatian, maka kamu harus benar-benar menghindari mereka. Setidaknya, cara menghadapi tipe orang seperti ini adalah jangan terlalu sering berurusan dengan mereka, atau setidaknya katakan kalau kamu tidak bisa membantu mereka, saat ini.

9. FAKERS (PEMALSU)

Fakers adalah tipe orang yang selalu berperilaku seperti orang yang bukan dirinya. Pasti kamu sudah sering melihat tipe orang seperti ini kan?

Normalnya, tipe orang seperti ini tidak bisa dihindari, malah tidak bisa diketahui. Mereka ada di sekeliling kita, entah kita sadar atau tidak. Tapi, yang bisa kita lakukan hanyalah melihat satu-satu dari mereka, entah teman atau kerabat, dan tanyakan pada diri kamu, seberapa banyak aku harus berurusan dengan orang ini?

Sadari masing-masing mereka siapa yang memerikan manfaat, atau siapa yang justru lebih banyak memberikan hal negatif kepada kamu? Dan jangan pernah ragu untuk menghindari mereka, kerena lebih baik daripada ujung-ujungnya kamu dikhianati. Jadi, siapakah para pemalsu di sekitar kamu?

10.UNTRUSTWORTHY (TIDAK DAPAT DIPERCAYA)

Untrustworthy pada dasarnya bukanlah penipu. Mereka adalah orang-orang yang bisa dipercaya di awalnya, namun di akhirnya mereka mengkhianati kita.

Mereka berbohong, mereka menipu, mereka mencuri hal-hal dari kita, lalu kita memaafkan mereka. Tapi mereka terus-terusan mengulangi hal yang sama, mengkhianati kepercayaan kita. Jika sudah seperti ini, jangan ragu untuk menghindari mereka, atau tendang langsung dari hidup kamu, lalu undang orang-orang lain yang kamu percayai.

Karena jika kamu terlalu banyak kasih kesempatan untuk orang-orang seperti ini, itu akan berakhir negatif, dan ujungnya kamu akan susah percaya kepada orang-orang di sekeliling kamu yang belum tentu mereka seperti itu. Jika menemukan orang dengan tipe seperti, lekas buang, dan ganti dengan yang baru. Buat apa di kasih kesempatan?

11.FLAKERS

Flakers adalah tipe orang yang berlapis-lapis. Yang berlapis-lapis disini adalah omongannya. Seseorang yang mengatakan ingin sesuatu hal, tapi dia tidak pernah melakukannya.

Contoh paling untuk orang-orang tipe ini adalah cowok/cewek yang kamu tembak, kemudian dia bilang "Jalanin ajah". Dan... tahun-tahun berlalu, apa yang dia bilang masih itu-itu ajah. Atau temen kamu yang ngajakin jalan-jalan ke mana, terus-terusan ngajakin sampe berbulan-bulan, tapi sama sekali tidak pernah dilakuin.

Bahaya tidak menghindari orang-orang Flakers adalah mereka menghabiskan waktu, tenaga, dan emosi.

12.DECEIVERS (PENDUSTA)

Deceivers ini adalah tipe kompiltnya penipu. Dia berbohong, dia curang, dia berkhianat, dia juga pandai merayu. Cara paling mudah mengetahui mereka adalah dengan melihat perkataan dan perbuatan mereka. Karena para Deceivers ini terkadang perkataan dan perbuatannya bertentangan.

Hal yang perlu dilakuin kepada orang-orang seperti ini adalah kita tidak harus menolak mereka dengan kasar, tapi perhatikan jarak antara diri kamu sama mereka. Pastikan jarak mereka dalam hidup kamu tidak akan melukai kamu jika saja mereka melakukan sesuatu yang menyakiti seseorang. Ibaratnya perbuatan negatif mereka ke kamu tidak sampai karena kamu sudah meletakkan mereka di jarak yang jauh.

No comments:

Post a Comment