May 13, 2018

Memaksimalkan Kemampuan Diri, Bagaimana Caranya?

Kehidupan ini dalam kesehariannya selalu menghasilkan banyak cerita, mulai dari kisah biasa hingga kisah luar biasa yang bisa membuat banyak orang menitikkan air mata. Setiap hidup yang kita jalani tak lepas dari pelajaran hidup yang bisa kita petik. Dari kehidupan ini tak sedikit orang yang mampu memahami kehidupan ini dan keluar menjadi pemenang.





Setiap diri kita memiliki potensi yang terpendam. Meski memang setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, namun sebagian orang atau bahkan segelintir orang mampu memaksimalkan kemampuan dirinya untuk menjadi seorang pemenang. Lalu bagaimanakah cara memaksimalkan kemampuan diri kita untuk meraih kesuksesan? Berikut paparannya..

1. Mengenal diri sendiri


Untuk bisa menjadi orang yang sukses tentunya di mulai dari mengenal diri sendiri baik dari kelebihan dan kekurangan diri. Setiap orang punya ciri khas dan juga karakter khusus yang dimilikinya sehingga memiliki perbedaan yang terkadang mencolok dari orang lain. Semakin kita bisa mengenal diri sendiri akan membuat kita semakin memahami apa yang harus dilakukan untuk bisa memaksimalkan kemampuan dan potensi diri untuk meraih target-target penting dalam kehidupan serta mampu mengatasi kelemahan dan bahkan mengubah kelemahan diri menjadi sebuah kekuatan.

2. Mencoba hal-hal baru

Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru dalam kehidupan selama itu bernilai positif. Dengan mencoba hal-hal baru maka itu dapat memancing potensi diri kita keluar, karena seringkali potensi-potensi diri tak akan muncul kecuali dengan memancingnya keluar dengan berbagai cara termasuk memberanikan diri mencoba hal-hal baru dalam konteks yang positif.

3. Kembangkanlah soft skill

Soft skill sangatlah menunjang diri kita dalam upaya memaksimalkan kemampuan pribadi. Pelajari dan kembangkan soft skill dalam berbagai bidang yang bisa menjadi media kita untuk meraih kesuksesan seperti melatih public speaking, ilmu leadership, marketing, manajemen, teknik penulisan hingga ilmu bahasa. Jangan ragu untuk mengembangkan soft skill apalagi saat usia masih muda, sebab bila kita memiliki banyak soft skill bukan tak mungkin tak akan sulit dalam meraih pekerjaan atau terjun ke dunia bisnis.

4. Ikut Organisasi

Di organisasi kita akan menemukan banyak karakter orang yang berbeda dengan ragam cara memahami setiap orangnya. Tantangan secara organisasi lebih besar dibandingkan dengan secara individu, hal ini karena pemikiran secara organisasi mengharuskan untuk bergerak bersama-sama dan harus menghilangkan keegoisan diri. Adanya miss komunikasi hingga perbedaan pendapat bisa menjadi tantangan bagi setiap individu untuk bisa memaksimalkan kemampuannya dalam berorganisasi.

5. Miliki partner

Bergerak secara individu terkadang kurang semangat, tidak salahnya kita harua memiliki partner dalam upaya memperjuangkan mimpi dan cita-cita seperti teman yang selalu ada di sisi. Dengan adanya partner hidup kita bisa tambah semangat karena ada seseorang yang selalu mengingatkan dan memberi semangat saat sedang down.

6. Buat rencana secara tersusun


Penting untuk kita membuat sebuah rencana, hal ini bertujuan agar diri kita bisa lebih fokus dalam memaksimalkan kemampuan diri dalam upaya menuntaskan setiap cita-cita yang dibuat. Dengan adanya rencana yang tersusun kita dapat memprioritaskan mana yang harus lebih dulu dilakukan dan mana yang tidak.

sumber:
sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

2 comments:

  1. kadang pengennya gitu, tapi magernya itu lho yang bikin gak maksimal potensi diri ini

    ReplyDelete
  2. Farhan kMay 13, 2018

    perlu mencoba hal hal baru sih kalau saya

    ReplyDelete