May 15, 2018

Hentikan menunda sekarang juga



Mahdianto - Menunda-nunda itu berasal dari kata dasar "Tunda", menurut KBBI, menunda berarti : Selalu atau berkali-kali menunda, mengulur-ulur waktu, atau memperlama sesuatu. Kamu sendiri pasti sering mendengar dan melihat quotes yang bertemakan menunda, contoh :

Andrie Wongso
"Jangan beri kesempatan pada diri sendiri untuk menunda-nunda sesuatu yang harus dilakukan. Pastikanlah untuk segera bertindak seperti yang telah anda putuskan. Action is Power! "

Seneca
"Ketika kita menunda-nunda, ingatlah bahwa hidup terus berjalan"


Benjamin Franklin
"Jangan menunda-nunda pekerjaan yang biasa kamu lakukan hari ini"

Dari quotes diatas, kita pun tersadar kalau menunda merupakan hal yang tidak bagus karena kita dibiasakan melakukan hal tersebut secara terus menerus, lalu apa saja sih keburukannya?

Membuang waktu

Waktu selalu berjalan,dan waktu yang telah lewat tidak bisa terulang kembali. Setiap detiknya begitu berharga, jadi apakah kamu rela jika waktumu yang berharga dan tidak ternilai itu terbuang begitu saja tanpa suatu hal berarti yang kamu lakukan? Pastinya tidak bukan?

Cenderung Menjadi Pemalas

Terkadang kita menunda sesuatu karena kita merasa capek dan tidak mood, dan jika kecenderungan tersebut dibiasakan terus maka lama-kelaman akan tumbuh menjadi suatu sifat malas.

Menjadi Tidak Disiplin

Karena kebiasaan yang suka menunda-nunda, maka jika di biarkan terus tentu saja akan berdampak ke banyak aspek dalam keseharian kita, misalnya menjadi sering terlambat, pekerjaan dan tugas terabaikan, sering sekali mengabaikan janji, atau mengabaikan ketentuan waktu seperti tanggal jatuh tempo dan lainnya. Sangat buruk bukan?

Menjadi Beban Pikiran

Akibat terlalu sering menunda-nunda, sehingga disaat deadline telah tiba dan kamu barulah menyadari bahwa tugas atau pekerjaan kamu ternyata menjadi sangat banyak akibat sering di tunda-tunda, hingga bertumpuk. Alhasil kamu menjadi stress dan jadi beban pikiran.

Pribadi Yang Tidak Termotivasi


Karena sering menunda-nunda, seseorang pastinya tidak mempunyai motivasi dalam melakukan pekerjaan. Karena kebiasaan tersebut sudah menjadi hal yang wajar, maka secara logika bahwa pastinya tidak ada suatu motivasi yang ada di dalam diri kamu untuk melakukan sesuatu atau pekerjaan, dan akan selalu timbul sikap ogah-ogahan dalam melakukan sesuatu, bosan, malas dan sejenisnya.

Menunda pekerjaan sekarang sama saja dengan mengumpulkan pekerjaan di hari esok