Jan 8, 2018

Resolusi Tidak Terwujud? Mungkin inilah penyebabnya



Hanya Berfokus pada Hal-Hal Besar

“Aku ingin memiliki banyak uang tahun depan.”

Siapa yang membuat resolusi dengan kalimat seperti itu?

Itu adalah resolusi yang terlalu umum, fokus pada hal besar, dan hal yang tidak spesifik merupakan salah satu kesalahan yang membuat kita sulit untuk mewujudkannya.

Contoh lain, “Aku ingin hidup lebih sehat” atau “Saya ingin hidup lebih bahagia.”

Jika kamu ingin punya banyak uang, hidup lebih sehat, atau hidup lebih bahagia, apa yang harus kamu lakukan untuk meraihnya?

Langkah-langkah yang membantu untuk meraih tujuan itulah yang harus kita jadikan sebagai resolusi. Misal, kamu ingin lebih sehat tahun ini, untuk mewujudkannya kamu harus buat jadwal olahraga setiap minggunya, berhenti merokok, berhenti makan junk food, dan seterusnya.

Tidak Menuliskan Resolusi Tahun Baru

Bukan hanya daftar belanjaan yang harus ditulis, resolusi tahun baru juga harus ditulis agar lebih mudah untuk direalisasikan.

Menulis daftar resolusi bisa menjadi pengingat yang efektif utuk kita. Kamu juga bisa lebih bertanggung jawab pada rencana yang sudah dibuat sekaligus memiliki kemungkinan lebih besar untuk diwujudkan. Jadi, tuliskan resolusi kamu dan tempel di dinding, meja belajar, atau di tempat mana saja yang mudah terlihat sehingga dapat terus mengingatkan kita pada tujuan tahun ini.

Tidak Memantau Perkembangan

Memulai memang sulit, tapi menjaga agar tetap melakukannya juga tidak kalah sulit. Memantau sejauh mana kamu berhasil melaksanakan resolusi merupakan salah satu cara kamu tetap bisa melakukannya hingga selesai. Memantaunya dapat membantu kita mengingat resolusi dan tidak meninggalkannya.

Mudah Menyerah

Gagal beberapa kali memang bisa menghilangkan semangat, tapi bukan berarti kamu harus berhenti. Sejak membuat resolusi, kamu sudah harus bisa memprediksi masa-masa malas, gagal, dan jenuh dalam mewujudkan resolusi sehingga saat kesulitan datang, kamu sudah siap.

Terlalu Cepat Mengharapkan Hasil

Sebelum memulai, kita pasti sudah memiliki bayangan ketika kita berhasil melaksanakan resolusi yang dibuat, bukan?

Membayangkan keberhasilan tidak salah, tapi jika dengan membayangkan membuat kita ingin cepat-cepat mendapatkan hasil, kita harus lebih bersabar. Jika kehilangan kesabaran, kita bisa gagal dengan mudah. Jadi, sering-sering mengingatkan diri, ada hal-hal yang membutuhkan proses dan kita juga membutuhkan waktu untuk mewujudkannya.

Tidak Percaya pada Diri Sendiri

Singkatnya, kita harus percaya bahwa kita bisa mewujudkannya.

Seringkali kita membuat resolusi, tapi kita tidak yakin bisa melakukannya. Rasa pesimis ini juga salah satu dampak jika kita membuat resolusi yang terlalu besar. Oleh sebab itu, buatlah resolusi yang bisa diwujudkan, hal-hal kecil yang perlahan mengantarkan kita ke tujuan besar.

Menunda Terlalu Lama

Siapa bilang membuat resolusi harus saat tahun baru? Mewujudkan keinginan tidak harus menunggu momen tertentu. Kapan pun kita ingin merealisasikannya, kita bisa mulai sekarang dan menjadikannya sebagai resolusi. Menunggu dan menunda hanya membuat kita kehilangan semangat. Jadi, jangan ditunda!

Setelah ini, jangan lupa buat resolusi tahun baru yang lebih spesifik dan realistis, ya!


sumber: http://blog.e-mas.com/2017/12/28/kesalahan-membuat-resolusi-tahun-baru/


No comments:

Post a Comment