Jan 1, 2018

Resolusi 2018: Sedikit Konsumsi, Banyak Investasi



Satu hal yang harus saya sadari saat ini adalah saya harus banyak melakukan investasi dan mengurangi konsumsi saya dalam membeli barang yang tidak penting.

Mengapa sedikit konsumsi?


Harga barang yang kita beli cenderung akan semakin lebih murah, Barang yang kita beli harga jualnya akan turun 20-50% ketika kita jual kembali 5-10 tahun kedepan. Hal ini terjadi karena berkurangnya kualitas barang setelah kita menggunakan barang tersebut, jadi semakin banyak kita mengonsumsi sesuatu, semakin rugi kita.

Konsumsi adalah ibarat berenang-renang ke hulu, berakit-rakit ke tepian. Artinya, bersenang-senang dahulu, bersakit-sakit kemudian.


Mengapa banyak Investasi?

Inflasi, daya jual rupiah yang kita miliki semakin lama semakin berbeda, uang 100 juta yang kita miliki sekarang mampu untuk membeli tanah seluas 10 kali 10 meter persegi. namun 10 tahun kedepan uang tersebut bisa saja cuma mampu membeli tanah seluas 3 kali 3 meter persegi di lokasi yang sama persis. Harga makanan pun akan berbeda seiring berjalannya waktu, sehingga secara tidak langsung uang yang kita miliki memiliki daya jual yang berbeda. 

Jadi kita perlu untuk melakukan investasi, baik di tanah, atau aset lain yang kalian anggap akan terus berharga nantinya, sehingga bisa mengikuti kenaikan harga barang nantinya.






1 comment:

  1. Betul kak, emang kita harus lebih hemat lagi kayanya, kaum milenial biasanya boros banget

    ReplyDelete