Jan 18, 2018

Benarkah menabung akan membuat kita kaya?




Apakah kalian sering mendengar pernyataan ini?
Hampir semua sekolah dasar memberikan slogan ini

"Kalau ada uang harus kita tabung."


Benarkah?


Ajaran untuk menabung tentu tidak salah, tapi untuk bisa menjadi kaya dengan menabung rasanya adalah sebuah pernyataan yang kurang tepat.





Siapa dari kita yang mengetahui bahwa ada istilah yang disebut dengan inflasi?

Apakah inflasi itu?

Dalam bahasa mudah, inflasi berarti perampokan secara sadar tapi kita yang dirampok tidak bisa berbuat apa-apa.


Menyeramkan bukan?


ketika harga BBM mengalami kenaikan, adakah dari kalian yang mengisi dengan harga lama?


Uang kalian dirampok, yang seharusnya kemarin anda mungkin bisa membeli dua liter dengan nominal sekian, namun kini hanya bisa separuhnya saja. inilah perampokan yang terjadi secara masal, yang disebut dengan inflasi. Artinya, jika kalian menabungkan uang ke celengan sampai penuh, uang tersebut hanya akan bernilai sepenuhnya saat inflasi berlangsung.





Sedihnya, perampokan itu berlangsung setiap saat dan setiap tahun. Jadi, jika "Perampokannya" selalu separuh dari uang yang kalian tabung, maka agar celengan kalian bisa penuh, Kalian harus menambah dua kali lipat uang yang akan kalian masukan ke dalam celengan. Betul?






Tapi bagaimana kalau kita menabung di bank? tidak beda juga. Memang, mereka memberikan kita bunga. Namun, Jangan lupa juga adanya biaya dan pajak dari bunga.


Lebih mengesalkannya lagi adalah besarnya bunga tabungan di bank pasti lebih kecil dari banyaknya nilai uang yang dirampok oleh inflasi. Sebab apa? Inflasi naik maka bunga bank juga akan naik mengimbangi inflasi tersebut.


Jadi, statement apa yang harus kita miliki?


Kurangi menabung, perbanyak investasi.


"Ingat nak. Jika ada uang sisa, ditabung."


Pernah dengar petuah ini?

Ketika pendapatan kalian diterima setiap bulan, maka pastinya kalian memiliki kebutuhan hidup yang harus dibayar: listrik, air, telepon, dan lain sebagainya. Artinya setelah itu semua, baru kalian sisihkan untuk menabung.


Bayangkan hal itu berulang hingga kalian tidak lagi bekerja, apa yang terjadi? Kalian mulai ambil uang sisa selama kalian bekerja dan mulai menggunakan uang tabungan.

Apa artinya? Kalian akan menjalani sisa hidup kalian setelah tidak bekerja, atau pensiun, dengan sisa uang dari kehidupan kalian yg lalu. Menyeramkan bukan?

Apakah kalian suka dengan sesuatu yang sifatnya sisa? kalau saya sih tidak.

Ada sebuah penelitian Tim Hartley dari Pasific Financial Services, dalam penelitiannya terhadap 100 orang pada saat mencapai usia pensiun, didapatkan komposisi sebagai berikut:
  • 49 orang bergantung pada orang lain
  • 29 orang meninggal dunia
  • 12 gagal
  • 5 masih bekerja
  • 4 mandiri dari keuangan
  • 1 kaya raya
Apa arti penelitian itu? Artinya 49% orang memiliki tabungan yang tidak cukup menghidupi dirinya sendiri. Mungkin salah satunya disebabkan dengan keyakinan yang salah, yaitu menabung bila ada sisa.




Sisihkanlah di awal dan janngan biarkan menabung uang sisa. Sebab pada umumnya, uang kita tidak pernah sisa jika kita menggunakan prinsip tersebut.


Referensi: Passive income strategy oleh Ryian Filbert

4 comments:

  1. sepertinya harus belajar lagi yang namanya investasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga baru belajar sih sebenarnya, banyak bacaan buku menarik yang bisa dipelajari, kapan kapan mau saya share

      Delete