Nov 22, 2016

Yang terjadi ketika kita berbohong



Diakui atau tidak, berbohong itu sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, kayaknya hampir semua manusia di jaman kekinian ini pernah melakukannya. Apapun tujuannya, kalau bisa yang namanya “berbohong” itu mesti dihindari. Kenapa?

Karena kalau sampai ketahuan berbohong, hasil akhirnya bisa di bilang jarang ada yang positif. Paling bantar, memalukan. Bahkan hal terburuk yang terjadi ketika ketahuan “berbohong” bisa menyebabkan kehancuran. Bagi beberapa orang, yang sudah sering “berbohong” lama kelamaan karena saking sudah terbiasanya, bisa menjadi sifat kedua dan sebagian lain, melakukan kebohongan adalah pilihan terakhir.

Lalu apakah orang yang sedang berbohong itu bisa ketahuan? Apa iya orang yang sedang berbohong pupil matanya membesar dan bernapas lebih cepat? Mengapa alat detektor kebohongan masih dipakai dipengadilan kita? Berapa banyak orang berbohong secara teratur di tempat kerja? Seberapa sering mahasiswa berbohong kepada orang tua mereka? Dan seterusnya dan seterusnya, mudah-mudahan infografik yang tar om sajiin di bawah bisa menjawab semua pertanyaan diatas, Hidup pembohong!



Apa yang terjadi dengan otak anda ketika anda berbohong?


Riset


Seberapa banyak anda berbohong dalam sehari?


Siapa yang paling sering berbohong?


2 comments:

  1. ternyata ada benernya juga ya? sepertinya memang reaksi orang berbohong sudah seperti itu

    ReplyDelete
  2. kalau banyak orang yang jujur maka negeri kita tidak akan hancur seperti sekarang ini

    ReplyDelete