Sep 12, 2013

Tutorial: Kode-kode Penting dalam Command Prompt yang harus kalian ingat

Oke, karena gue udah lama nggak posting blog, dan Tutorial dalam blog gue masih sedikit. gue mau berbagi tentang kode-kode penting dalam Command Prompt yang harus kalian ingat.


Dan gue mungkin terinspirasi dari film yang baru gue tonton di bioskop dengan judul "the Internship". *bagus lho, recommended buat penggila internet kayak kita*


pertama, tau cara buka CMD nggak? tinggal ketik "CMD" di dalam "search" windows start menu.
oke, ini dia beberapa kode CMD yang (mungkin) penting dan harus kalian ingat.

1. Ipconfig
sebenarnya fungsi dari Ipconfig ini banyak banget, tapi mayoritas orang menggunakannya untuk melihat ip address, Gateway, DNS Server, dan hampir semua informasi dalam jaringan internet kalian. Ipconfig ini punya banyak kombinasi, kalo kalian bingung untuk mengingat semua daftar kombinasi dari ipconfig, kalian bisa ketik di CMD -> Ipconfig/?, maka akan muncul semua list kombinasi ipconfig.

2. DIR
Perintah ini untuk menampilkan daftar file dan directory di lokasi folder yang sedang di akses di command prompt. Untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi, tambahkan opsi atau parameter /A setelah perintah DIR. Pastikan sebelum garis miring ada spasi, contohnya DIR /A

3. Attrib
Virus atau worm yang menyerang komputer biasanya menyembunyikan file atau folder yang ada di komputer atau flashdisk. kalau ini terjadi, kita bisa menggunakan perintah ATTRIB untuk menampilkan file tersebut ( termasuk untuk menyembunyikan file-filenya). Perintah ini akan menampilkan semua file dan folder yang ada di folder yang sedang di akses di command prompt. sama kayak ipconfig, kalau bingung daftar kombinasinya bisa diliat di attrib/?

4. netstat
kalo ini kita pake untuk mengetahui aktivitas koneksi internet kita, serta statistiknya. 

5. Route
ini digunakan untuk membuat jalur baru (routing) pada komputer ke suatu jaringan, biasanya pada LAN atau WAN . Kemudian untuk mengetahui proses lalu lintas jaringan kita, untuk mengetahui informasi jalur host, gateway, dan network destination kita untuk paket yang akan dikirim dengan perintah route print. ngerti nggak? sama, gue juga nggak. *hening*

6. net
Perintah ini fungsinya banyak, salah satunya yaitu mengirim pesan singkat kepada host dalam suatu LAN dengan perintah net send. Untuk perintah yang lain dapat digunakan untuk melihat status-status tertentu pada komputer dan jaringan kita.

7. netsh
ini digunakan untuk menampilkan atau memodifikasi konfigurasi jaringan dari sebuah komputer yang sedang berjalan baik secara lokal maupun remote dari komputer yang aktif. Seperti merubah IP address, mengganti konfigurasi IPv4 ke IPv6, mengganti port proxy, mengganti winsock, dll

8. ping
Perintah ini gampang diingat, dan penting banget buat mengecek keadaan suatu jaringan pada host maupun perangkat jaringan, apakah down, overload, atau putus-putus, Proses ping bekerja dengan mengirimkan paket kepada suatu host atau perangkat melalui koneksi jaringan (LAN, MAN, WAN), dan nantinya akan terdeteksi permasalahan jaringan dengan melihat pesan dari urutan paket yang dikirim per second.

9. tracert
ini digunakan untuk melihat rute yang dilewati paket untuk sampai tujuan, analoginya yaitu agar paket dari A sampai ke L, maka paket tersebut dikirimkan melalui rute-rute yang ditentukan, misalnya A – B – C – H – I – J – K – L. biasanya adminstrator jaringan menggunakan perintah ini untuk mendeteksi dimana rute jaringan yang terputus.

10. nslookup
ini dipake buat melihat alamat IP dari domain yang ada pada DNS server. Untuk perusahaan yang mempunyai aplikasi berbasis web dan DNS server sendiri, perintah ini dapat digunakan untuk mengecek kinerja dari DNS server itu sendiri ata ketika DNS server down, otomatis aplikasi web tidak dapat digunakan, untuk menanggulanginya anda bisa menggunakan alamat IP ini untuk membuka web aplikasi tersebut.

11. telnet
ini digunakan untuk melakukan remote ke perangkat jaringan, seperti Switch atau Router dalam suatau jaringan (LAN, MAN, maupun WAN). Dengan melakukan telnet, ini mempermudah administrator jaringan dalam mengelola jaringan dimana saja berada.


oke, itu aja, dan makasih kalo udah nyimak. hmm, kayaknya ada yang kurang. apa ya? ah, lupakan.



9 comments:

  1. kalo sayah sih suka pake ipconfig sama ping, soalnya disekolah kalo mau akses inet musti pake ip adress, kalo ping mah cuma monitoring konek apa engganya sih :3

    ReplyDelete
  2. pling males belajar kode-kode komputer. ga tau kenapa ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, ini sih cuma yang dasarnya, bukan kode-kode yang ribet kok, cmd doang :D

      Delete
  3. cd, cls.. kayaknya lebih penting.. :)

    ReplyDelete
  4. Bng Cara makek Ipconfiq gimana kok gk ada respon apapun ato ada tambahan kodelain bng Mohon Di Reply Komen saya bng

    ReplyDelete